Kalah Dari Austria, Belanda Tetap Lolos Fase Gugur

By ommed


nusakini.com - Belanda tetap lolos ke 16 Besar Euro 2024, meski menelan kekalahan 3-2 dari Austria dalam pertandingan terakhir Grup D yang berlangsung sengit di Stadion Olympia, Rabu (26/6) dini hari WIB.

Performa Belanda tidak meyakinkan di pertandingan ini. Sebaliknya, Austria tampil lebih baik, dan berhasil membuka keunggulan melalui gol bunuh diri Donyell Malen ketika laga baru berjalan enam menit.

Cody Gakpo mampu menyamakan kedudukan dua menit setelah babak kedua berjalan. Tetapi Austria kembali mengungguli tim Oranye lewat sundulan Romano Schmid pada menit ke-59. Tetapi, Memphis Depay membuat Belanda mengimbangi Austria lagi di menit ke-75.


Kegembiraan Belanda tidak bertahan lama. Selang lima menit kemudian, Marcel Sabitzer menaklukkan Bart Verbruggen sekaligus memastikan tiket 16 Besar buat Austria.

Hasil ini menempatkan Austria di puncak klasemen akhir setelah mengumpulkan enam poin. Sedangkan posisi kedua ditempati Prancis dengan nilai lima, diikuti Belanda yang menoleksi empat angka. Belanda tetap lolos ke 16 Besar, karena mereka peringkat tiga di Grup A, Hungaria, hanya mempunyai tiga poin, sementara posisi ketiga Grup B, Kroasia, cuma memiliki dua angka.

Belanda menjalani jalan terjal menuju tangga juara. Mereka kemungkinan akan menghadapi Spanyol, juara Grup E dan C yang masih diperebutkan empat tim di masing-masing grup. Sedangkan Austria menanti calon lawan mereka yang menempati runner-up Grup F. (gi)